7 Cara Mudah Mengatasi Layar Hp Android Bergaris Paling Ampuh Semua Merk

TEKNOBAE.COM - Pengguna smartphone sekarang ini sudah dimanjakan dengan tampilan layar HP yang ciamik dengan berbagai tema menarik. Apa lagi dengan harga yang terbilang cukup murah, kita sudah bisa merasakan tampilan Hp super mewah.

cara mengatasi layar hp android bergaris

Meskipun tampilan yang diberikan cukup berkualitas, namun terkadang hal itu berubah ketika timbul masalah dimana layar LCD HP tiba-tiba bergaris. Entah itu garis tersebut dalam bentuk vertikal ataupun horizontal, yang pasti hal tersebut jelas cukup mengganggu.

Masalah ini bisa timbul di semua merk smarphone baik itu Asus, Xiaomi, Samsung, Vivo dan Lainnya. Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut? Nah, pada artikel ini Teknobae akan membagikan beberapa solusi yang mungkin bisa membantu kamu dalam mengatasi hal tersebut.

Baca juga : 5 Cara Mudah Mengubah Tema Berbayar Jadi Gratis di Hp Oppo Semua Tipe

Penyebab Layar Hp Android Bergaris

Sebelum masuk ke pembahasan inti, mimin akan menjelaskan sedikit penyebab LCD Hp bergaris. Sebenarnya tidak ada penyebab yang pasti kenapa layar Hp bisa bergaris putih, hijau, warna-warni atau bahkan sampai goyang.

Tetapi ada beberapa penyebab yang umum kenapa masalah tersebut bisa terjadi, diantaranya:

1. Akibat Terjatuh

Nah, ini adalah hal yang paling umum yang menjadi penyebab kenapa layar Hp bisa bergaris. Terlebih lagi jika layar Hp tidak dibekali dengan pelindung layar, tentu ketika Hp terjatuh akan membuat layar rusak.

2. Hp Terkena Air

Tidak semua Hp memiliki kemampuan waterproof yang baik, sehingga ketika Hp terkena air maka akan muncul error berupa garis vertikal atau horizontal pada layar. Apalagi jika hp sampai terendam ke dalam air. Mungkin masalah yang timbul akan jauh lebih parah.

3. Layar Tertekan

Jika layar Hp tertekan atau mendapat tekanan pada bagian layar, entah karena terduduki, tertimpa benda berat terutama dibagian layar, maka bisa menimbulkan kerusakan pada layar yang berupa garis-garis.

4. Terjadi Error

Walaupun hal ini jarang terjadi, namun bisa saja layar mengalami error, entah karena kegagalan atau kesalahan dalam melakukan root, sistem labil dan sebagainya.

Cara Mengatasi Layar Hp Bergaris Vertikal / Horizontal / Berkedip

Setelah tahu apa penyebabnya, sekarang mari kita bahas bagaimana cara mengatasi layar Hp yang bergaris. Mimin akan membagikan beberapa solusi yang bisa kamu lakukan. Yuk langsung saja simak pembahasannya di bawah ini :

Baca juga : Cara Cek Tipe Hp Oppo Semua Tipe

1. Atur Layar di Opsi Pengembangan

Solusi yang pertama bisa kamu lakukan tanpa aplikasi yaitu dengan melakukan pengaturan di Opsi Developer atau opsi pengembangan. 

Bisanya di dalam menu tersebut terdapat pengaturan Show Pointer Location yang bisa dilakukan untuk menghilangkan garis di layar Hp. Berikut cara melakukannya:

  • Pertama silahkan buka menu Settings di Android kamu.
  • Setelah itu masuk ke bagian More Settings.
  • Langkah selanjutnya pilih menu Developer Options. Jika tida ada maka kamu harus memunculknnya terlebih dahulu. Admin sudah pernah membuatkan tutorialnya di sini.
  • Berikutnya silahkan kamu matikan opsi Tampilkan Penunjuk.
  • Secara otomatis garis yang ada dilayar akan menghilang.
  • Apabila cara di atas masih belum berhasil, kamu dapat mencoba cara berikutnya.

2. Tekan Permukaan Layar Hp

Cara mengatasi layar Hp bergaris berikutnya adalah dengan menekan-nekan permukaan layar Hp. Terdengar sederhana namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut dapat mengatasi masalah kalai.

Karena biasanya, layar Hp yang tertekan benda berat, akan tertekan di satu titik sehingga terjadi error yang membua ringga di dalamnya.

Nah dengan menekan-nekan layar, diharapkan dapat membuat layar kembali pada posisi semula sehingga garispun menghilang.

3. Gunakan Aplikasi LCD Fixer

Ada banyak aplikasi yang berkaitan dangan masalah LCD ponsel. Ada aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menhilangkan garis di layar Hp bernama Dead Pixels Test and Fix.

Aplikasi ini akan bekerja dengan cara mendeteksi penyebab kerusakan pada layar kemudian menghilangkan seolah oleh sudah kembali normal. Di bawah ini cara menggunakannya:

  • Pertama unduh dan install aplikasi Dead Pixel Test and Fix.
  • Jika sudah, buka aplikasinya.
  • Pada laman pertama ketuk tombol Check Dead Pixels and Fix Dead Pixels.
  • Dengan begitu aplikasi akan mulai mengecek dan melakukan perbaikan.
  • kamu tingga tunngu saja sampi proses selesai.

4. Reset Hp Andorid

Jika layar Hp tidak pernah terjatuh, tertindih atau tertimpa benda berat, namun muncul garis hijau, ada kemungkinan kalau Hp mengalami error. Seperti yang sudah dijelaskan di bagian penyebab tadi. 

Jika saat melakukan booting garis vertikal atau horizontal tersebut menghilang, maka bisa jadi sistem mengalami masalah. Nah salah satu cara mengatasi layar Hp bergaris adalah dengan melakukan reset Hp.

Baca juga : Cara Melihat Waktu Pemakaian Aplikasi pada Hp Xiaomi

Berikut cara melakukannya:

  • Silahkan masuk ke bagian menu Pengaturan ponsel.
  • Kemudian buka pengaturan Cadangkan dan Setel Ulang.
  • Jika tidak ada, silahkan masuk ke Pengaturan Tambahan terlebih dahulu.
  • Selanjutnya kamu tap Kembalikan ke Setelan Pabrik.
  • Selesai

5. Keringkan Hp (Jika terkena air)

Apabila garis pada layar muncul setelah Hp terkena air, maka kemungkinannya Hp menjadi error akibat air yang ada di dalam komponen Hp, sehingga terjadi konslet.

Maka dari itu ketika Hp masuk ke dalam air, segera matikan ponsel dan keringkan. Kalau bisa buka kesing belakang. 

Jangan hidupkan dulu ponsel selamat beberapa jam atau bahkan hari, agar air yang ada di dalam ponsel benar-benar kering dan tidak terjadi konsleting. 

Jika dirasa sudah kering, maka kamu bisa coba menghidupkan kembali ponsel dan lihat apakah garis sudah menghilang.

6. Ganti LCD

Apabila semua cara di atas masih belum berhasil, maka jalan terakhir adalah dengan mengganti LCD. Sebab, apabila kerusakan sudah sangat parah akan sulit untuk dikembalikan normal dengan cara biasa.

Untuk mendapatkan tampilan layar seperti semula, silahkan ganti LCD. Biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp200 ribu-Rp400 ribu tergantu merk Hp yang dipakai.

Akan tetapi ini merupakan cara terakhir untuk dilakukan. Selagi cara di atas berhasil, maka tidak perlu mengganti LCD.

Akhir Kata

Itulah bebepara solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi layar Hp bergaris. Kalau kamu punya rekomendasi atau solusi lainnya, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Next Post Previous Post