3 Cara Mudah Mengatasi Data Seluler yang Tidak Muncul Paling Ampuh Terbaru 2022

TEKNOBAE.COM - Data seluler yang tiba-tiba hilang dan tidak muncul kembali di Hp tentu akan sangat mejengkelkan karena hal itu akan membuat kita tidak bisa membuka atau mengakses internet.

cara mengatasi data seluler tidak muncul

Sebelum melakukan browsing, bersosial media ataupun mendownload, tentunya data seluler pada Hp harus dihidupkan terlebih dahulu. Namun, terkadang ada saja masalah yang muncul dimana data seluler tidak mau muncul padahal sudah diaktifkan.

Jika kamu mengalamai masalah tersebut, jangan panik dan terburu-buru untuk membawanya ke tempat servis hp. Kamu bisa mencoba beberapa solusi yang akan Teknobae bagikan tentang cara mengatasi data seluler yang tidak muncul di Hp.

Baca juga : 7 Cara Mudah Mempercepat Charging Hp Agar Cepat Penuh

Penyebaba Data Seluler Tidak Muncul di Smartphone

Sebelum masuk kepembahasan utamanya, mimin akan bagikan sedikit informasi mengenai penyebab kenapa sinyal internet atau data seluler tidak muncul padahal sudah diaktifkan dan sinyal internet full.

Ada beberapa penyebab kenapa masalah tersebut muncul, diantaranya seperti kartu SIM yang belum terdaftar sampai sinyal yang tidak terjangkau. Bukan hanya itu saja, masalah tersebut disebabkan juga oleh hal lainnya, diantaranya :

1. Kartu SIM Belum di Registrasi

Sekarang jika kita ingin menggunakan kartu SIM baru, pengguna diwajibkan untuk melakukan registrasi kartu SIM terlebih dahulu agar nantinya bisa menerima layanan dari provider yang digunakan. Baik provider Telkomsel, 3, Indosat, XL, Axis dan yang lainnya juga menerapkan hal yang sama.

Jika kamu masih belum melakukan pendaftaran atau proses registrasi yang belum selesai, maka kartu SIM tidak dapat digunakan untuk apapun, baik untuk nelpon, SMS ataupun menghidupkan data seluler walaupun sinyal sudah muncul.

2. Adanya Gangguan yang Berasal dari Operator

Bukan hanya dari kartu SIM saja, tidak munculnya data seluler di Hp juga bisa disebabkan karena adanya gangguan dari operator kartu SIM yang kamu gunakan.

Untuk masalah yang satu ini, kamu harus menunggu operator kembali normal atau mencari lokasi yang dijangkau oleh operator seluler.

3. Sinyal Tidak Ada

Hal ini tentu sudah pasti ya, jika sinyal operator tidak ada, maka jaringan internet pun juga tidak akan muncul sama sekali sehingga tidak dapat digunakan.

Untuk itu pastikan area atau wilayah yang kamu tempati terjangkau oleh sinyal tersebut. Apabila berhasil, maka hp kamu dalam kondisi baik-baik saja.

4. Adanya Kerusakan Hardware

Penyebab dari tidak munculnya jaringan  internet di Hp Android yang paling ditakutkan oleh pengguna adalah adanya kerusakan pada hardware smartphone.

Jika Hp kamu mengalami masalah tersebut, maka solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan membawanya ke tempat servis untuk diperbaiki.

Baca juga : 3 Cara Paling Mudah untuk Keluar dari Fastboot Xiaomi

5. Kesalahan dalam Mengatur APN

Bagaimana caranya Hp kita dapat terhubung ke internet? jawabannya karena APN yang membuat Hp kamu tervalidasi oleh pihak penyedia layanan sehingga dapat menggunakan jaringan.

APN merupakan singkatan dari Access Point Name yang biasanya akan otomatis diatur oleh operator agar Hp bisa langsung mengakses internet. APN ini juga dapat diatur secara manual, akan tetapi jika sembarangan dapat menyebabkan jaringan lambat bahkan menghilang. Jika kamu tidak paham lebih baik lihat cara setting APN.

Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul dengan Mudah

Setelah tahu apa penyebab dari data seluler tidak muncul, berikutnya langsung saja kita bahas cara bagaimana mengatasi data seluler yang hilang atau tidak muncul.

Tutorial ini dapat dilakukan untuk semua merk Hp seperti Samsung, Oppo, Xiaomi, Vivo, Asus dan lain sebagainya. Berikut pembahasannya :

1. Restart Hp Terlebih Dahulu

Solusi yang pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan merestart ulang ponsel. Bisa jadi penggunaan aktivitas Hp yang amat berat menyebabkan timbulnya bug pada smartphone. Maka dari itu untuk menghilangkan bug di Hp salah satunya adalah dengan merestart ulang ponsel.

Bukan hanya itu saja, jika kamu menggunakan SIM baru dan telah melakukan registrasi, silahkan reboot terlebih dahulu Hp kamu agar nantinya kartu bisa digunakan.

Hal ini bertujuan agar kartu SIM benar-benar siap untuk digunakan dan menghindari adanya eror. Selain itu juga sebagai proses penyegaran agar Hp dan Kartu SIM fresh kembali.

2. Aktifkan Mode Pesawat (Airplane)

Solusi berikutnya dapat dikatakan sebagai cara mengatasi data seluler tidak muncul padahal sudah aktif paling ampuh dan efektif. Pasalnya mode ini dapat memancing sinyal internet yang tidak muncul. Fitur mode pesawat ini sudah ada di semua Hp.

Caranya kamu hanya perlu mengusap layar Hp dari atas ke bawah lalu aktifkan mode pesawat. Secara otomatis semua jaringan akan diputus dari ponsel. Kamu biarkan saja dulu selama 30 detik sampai 1 menit.

Jika sudah, berikutnya coba kamu nonaktifkan mode pesawat. Nantinya sinyal akam kembali muncul dan coba aktifkan data selulernya, lalu lihat haslinya.

Airplane mode juga bisa menjadi solusi jika sinyal tiba-tiba menghilang.

3. Atur Ulang APN

Jika masih belum berhasil, coba lakukan pengaturan APN. Seperti yang sudah mimin sampaikan kalau APN merupakan bagian penting agar ponsel dapat terhubung dengan internet.

Walaupun sudah tersetting secara otomatis, namun jika terjadi masalah atau error, kamu juga bisa mengaturnya secara manual. Nah, setiap provider punya pengaturan APN yang berbeda-beda.

Baca juga : 7 Cara Mudah Mengatasi Fingerprint yang Tidak Berfungsi, Pasti Berhasil!

Jika settingan APN bermasalah tentuk akan membuat data seluler tidak muncul, silahkan buat pengaturan baru di Hp kamu untuk memperbaikinya. Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukan pengaturan APN :

  • Silahkan masuk ke menu Setting di Hp Android kamu.
  • Setelah itu gulir ke bawah dan pilih menu Jaringan & Internet.
  • Selanjutnya, pilih SIM yang akan kamu setting APN nya.
  • Silahkan scroll ke bawah dan pilih Nama Titik Akses atau APN.
  • Berikutnya tekan icon tambah (+) untuk membuat settingan APN yang baru.
  • Nah, selanjutnya silahkan masukkan settingannya seperti nama APN, proxy, port dan lainnya.
  • kalau kamu masih belum paham, kamu bisa mencari tutorialnya di internet.
  • Jika sudah, aktifkan APN yang baru kamu buat tadi dan coba restart HP.
  • Selesai.

Akhir Kata

Sekian pembahasan kali ini mengenai cara mengatasi data seluler tidak muncul di Hp serta penyebabnya. Semoga dengan adanya tutorial ini, Hp kamu bisa kembali normal. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.

Next Post Previous Post