5 Cara Mempercepat Proses Download di Android Hingga Bekali Lipat

TEKNOBAE.COM - Ada banyak hal yang bisa kita temukan di internet dan tentunya kita juga dapat mengunduhnya, mulai dari musik, video, foto, game, aplikasi samapai dengan buku. Tentu sangat mengasikan, karena hanya dengan menggunakan hp semua bisa lebih mudah dan praktis.

cara mempercepat download file di android

Biasanya file-file tersebut dapat diunduh secara gratis. Ukuran filenya pun beragam, mulai dari Kb sampai dengan Gb. Nah, bicara soal download pasti yang diinginkan dari proses ini adalah punya kinerja yang cepat. Sehingga bisa segera di buka di Hp Android, iPhone ataupun PC. Tentu akan sangat praktis ketika bisa mendownload file besar dengan cepat. Jadi tidak perlu menunggu lama.

Lalu, bagaimana caranya agar bisa mendownload file dengan cepat di Android?

Simak ulasan Teknobae di bawah ini.

Cara Mempercepat Download di Android

Selain dari faktor jaringan, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat proses donwload hingga berkali-kali lipat. Yang terpenting hp masih dapat terhubung dengan jaringan internet.

Baca juga : Cara Membuat Centang Biru di TikTok dengan Emoji

Adapun caranya bisa kamu coba di bawah ini:

1. Pakai Aplikasi VPN

Sudah bukan menjadi rahasia umum lagi kalau dengan VPN jaringan pada hp bisa menjadi lebih stabil, sehingga proses download menjadi lebih cepat. Selain itu, VPN dapat menjaga keamanan koneksi internet dan juga bisa untuk membuka situs yang diblokir.

Terkadang pada negara tertentu, situs file hosting biasanya akan dibatasi kecepatannya. Nah dengan adanya VPN tidak ada batasan tersebut dan kamu dapat memilih negara mana yang punya kecepatan internet tinggi.

Kamu bisa mengunduh aplikasi VPN di Google Play Store secara gratis. Salah satu VPN yang bisa kamu pakai adalah Turbo VPN.

2. Menggunakan Aplikasi Downlod Manager

Kalau menggunakan komputer, kita bisa mempercepat proses download dengan bantuan IDM, sedangkan di Android ada juga yang namanya Advanced Download Manager atau ADM. Secara umum mereka punya fungsi yang sama yaitu mempercepat download file.

ADM bisa mengunduh file 2x lebih cepat dari biasanya karena dilakukan dalam beberapa thread yang nantinya file akan dipecah menjadi beberapa bagian untuk didownload dalam satu waktu. Aplikasi ini dapat dipadukan dengan browser seperti chrome.

Namun, jika tidak terdeteksi, kamu juga bisa menggunakan browser yang sudah disediakan oleh aplikasi ADM, sehingga kinerja jadi lebih maksimal dan efisien. Kamu bisa mengunduh aplikasi ADM melalui PlayStore.

Bcaa juga : Cara Membuka Situs yang Diblokir Tanpa Aplikasi

3. Menggunakan DNS Tercepat

Cara mempercepat pengunduhan selanjutnya bisa dengan menggunakan DNS tercepat. DNS memiliki fungsi untuk menstabilkan koneksi yang ada di smartphone. Biasanya DNS ini berisi angka-angka tertentu.

Jadi, kamu tidak bisa melakukan pengaturan secara sembarangan, karena bisa jadi malah membuat koneksi semakin lamban. Maka dari itu kamu harus menggunakan DNS yang tepat.

Pertama, kamu bisa mengunduhnya terlebih dahulu aplikasi DNS Changer melalui Google Play Store. Jika sudah diunduh dan install, selanjutnya buka aplikasi DNS Changer. Kemudian masuk ke pengaturan DNS. Silahkan kamu gunakan salah satu DNS tercepat berikut ini :

  • DNS Google
    • DNS 1: 8.8.8.8
    • DNS 2: 8.8.4.4
  • DNS Cloudflare
    • DNS 1: 1.1.1.1
    • DNS 2: 1.0.0.1

Kamu bisa memilih salah satunya. Akan tetapi kalau bisa gunakan DNS Cloudflare karena relatif punya kemampuan lebih cepat.

4. Hindari Download Banyak File Secara Bersamaan

Nah, mungkin kamu sering mengunduh file secara bersamaan dengan alasan agar tidak menunggu lama. Namun disatu sisi hal tersebut dapat membuat kecepatan download juga menurun, terlebih lagi file yang didownload punya ukuran yang besar.

Lebih baik unduh file satu persatu. Walaupun terdengar sederhana, sebenarnya metode ini cukup efektif untuk meningkatkan kecepatan download di android. Kamu bisa langsung mempraktekannya sendiri dan lihatlah hasilnya.

Namun, jika file yang kamu unduh memiliki ukuran yang kecil, hal ini bisa kamu abaikan dan bisa kamu lakukan unduh secara serentak.

5. Gunakan Jaringan Terbaik

Cara yang terakhir yaitu dengan menggunakan jaringan terbaik yang ada di lokasi. Nah, mungkin kita sering berfikir kalau jaringan 4G lebih cepat di bandingkan 3G dan seterusnya.

Hal tersebut tidaklah salah, namun kalau kamu berada dilokasi yang kurang bagus yang jaringan 4G belum tercover dengan baik, maka bisa dipastikan kecepatan download kamu akan lamban meskipun menggunakan jaringan 4G sekalipun.

Baca juga : Cara Menghapus Password yang Tersimpan di Chrome

Maka dari itu penting untuk memilih jaringan yang tepat. Lebih baik gunakan jaringan 3G saja jika memang punya koneksi yang lebih baik. Serta hindar penggunaan jaringan 2G (GSM) untuk mendownload karena akan sangat lambat.

Minimal gunakan jaringan 3G, namun jika 4G memiliki koneksi yang bagus, maka itu bisa menjadi pilihan yang lebih tepat.

Penutup

Itulah beberapa trik yang bisa kamu gunakan ketika mengalami proses download file yang lemot dan lamban. Namun perlu diingat juga kalau jaringan internet yang memadai tetap menjadi pengaruh besar terhadap kecepatan download.

Itu saja pembahasan cara mempercepat download id Android. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di tutorial berikutnya!

Next Post Previous Post