7 Cara Mudah Mempercepat Charging Hp Agar Cepat Penuh

TEKNOBAE.COM - Baterai merupakan salah komponen yang penting dari sebuah smartphone. Dengan adanya baterai inilah smarphone bisa menyala. Selain itu, daya tahan baterai dan durasi pengisian atau charging menjadi salah satu pertimbangan orang yang ingin membeli Hp.

cara mempercepat charger hp

Waktu pengisian yang cepat tentu lebih disukai para pengguna smartphone karena pengguna tidak perlu lama-lama untuk menunggu ponsel di cas dan bisa dengan segera menggunakannya kembali. Untuk itulah para produsen smartphone selalu bersaing dalam menghadirkan smartphone dengan kemampuan fast charging.

Fast charging merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna agar bisa mengisi daya pada baterai smartphone dengan lebih cepat. Namun bukan hanya itu saja, ada beberapa tirk yang ternyata bisa dipakai untuk mempercepat charging Hp. Maka dari itu, simak tutorial ini sampai selesai.

Baca juga : Cara Mudah Merekam Video Secara Diam-Diam Dalam Kondisi Layar Hp Mati

Cara Mempercepat Charging Hp Biar Cepat Terisi Penuh

Kemampuan Hp saat ini yang terbaik rata-rata memiliki durasi kurang lebih 2 jam untuk melakukan pengisian daya dari 0 sampai 100%. Jika lebih dari durasi waktu tersebut, bisa dikatakan Hp yang kamu miliki punya proses yang cukup lama.

Berikut tips yang bisa kamu gunakan untuk mempercepat charging Hp :

1. Charger dalam Kondisi Hp Mati

Cara yang pertama yaitu dengan mengecas Hp Android dalam kondisi mati, bukan hanya pada layarnya saja tetapi juga mematikannya secara total dengan menggunakan tombol power.

Dengan cara ini cukup efektif untuk mempercepat cas HP Android karena tidak ada aktivitas di Hp yang mengganggu sehingga prioritas smartphone hanya pada proses cas saja. Dengan begitu kamu tidak perlu menunggu lama untuk mengecas Hp sampai terisi penuh.

2. Aktifkan Mode Pesawat

Kalau kamu tidak mau mematikan hp, kamu bisa coba yang yang lebih praktis yaitu dengan memanfaatkan fitur mode pesawat. Nah, mimin rasa fitur ini sudah tersedia di semua smartphone, baik itu Android ataupun iPhone.

Baca juga : Cara Mudah Merekam Video Sambil Membaca Teks di Hp Tanpa Ketahuan

Ketika mode ini di aktifkan, maka semua koneksi internet bahkan sinyal akan terputus dari perangkat. Sehingga pengguna tidak bisa melakukan panggilan telepon ataupun menggunakan jaringan internet. Dengan cara iniliah bisa mempercepat pengisian daya baterai sampai 12%.

Tentu jauh lebih cepat dari biasanya. Jika baterai sudah terisi penuh, kamu bisa menonaktifkannya kembali fitur tersebut.

3. Jangan Mainkan Smartphone

Cara yang selanjutnya adalah dengan mendiamkan Hp saat proses pengecasan berlangsung. Kebanyakan dari kita mungkin sering memainkan Hp sambil di cas. Padahal hal tersebut harus dihindari.

Bermain hp pada saat dicas akan membuat proses pengisian daya baterai jadi lebih lamban. Selain itu juga bisa membahasakan pengguna dan beresiko membuat ponsel rusak, seperti baterai gembung, suhu panas dan lain sebagainya.

4. Kalibrasi Baterai Android

Berikutnya kamu bisa mempercepat cas hp dengan cara melakukan penyetelan berikut yaitu dengan meng-kalibrasi baterai Hp. Beberapa orang akan menggunakan smartphone hingga baterai benar-benar habis. Padahal itu dapat membuat umur baterai jadi cepat rusak.

Dampaknya proses charging jadi tidak bisa berjalan dengan maksimal. Nah, maka dari itu coba hindari hal tersebut dengan mulai melakukan cas ketika baterai tersisa 5% atau di atasnya. Jika sudah terisi penuh kamu bisa melakukan kalibrasi baterai secara berkala.

5. Hindari Ruang Panas

Poin selanjutnya adalah dengan menghindari pengecasan di ruang yang panas. Nah bukan hanya faktor Hp saja, namun lingkungan juga mempengaruhi.

Walaupun terdengar sepele namun ternyata hal ini juga berpengaruh. Maka pastikan kamu sudah melakukan pengecasan di suhu yang tidak terlalu panas dan lembab. Dengan begitu kamu bisa melihat perbedaannya.

6. Gunakan Charger Original

Ternyata mengecas Hp menggunakan charger Kw memiliki beberapa resiko. Selain proses pengisiannya yang lamban, pengguna charger yang tidak ori juga bisa menimbulkan beberapa masalah, misalnya arus yang bocor dan sebagainya.

Hal tersebut tidak akan terjadi kalau kamu menggunakan charger yang original. Walaupun harganya lebih mahal dibandingkan yang KW, akan tetapi itu bukan menjadi masalah ketika kamu mendapatkan hasil yang lebih aman dan tentunya mempercepat pengisian daya baterai.

Baca juga : Cara Mudah Menampilkan Jam di Layar Utama Hp Android

7. Gunakan Adapter Fast Charging

Selain charger yang original, kamu juga bisa coba gunakan Adapter yang sudah fast Charging. Ini merupakan teknologi yang paling efektif untuk mempercepat pengecasan. Namun pastikan juga kalau ponsel yang kamu miliki sudah support fast charging.

Adapter fast charging yang bisa kamu gunakan misalnya dengan daya 15W sampai 30W. Dengan begitu pengisian baterai bisa dilakukan dalam waktu yang singkat.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan agar pengisian daya baterai bisa lebih cepat. Kalau kamu punya solusi lainnya, bisa kamu tuliskan pada kolom komentar. Terimah kasih!

Next Post Previous Post