5 Cara Mudah Cek Kecepatan Internet di Hp atau PC

TEKNOBAE.COM - Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap orang sekarang ini. Hampir setiap hari pengguna smartphone ataupun PC menggunakan yang namanya internet, entah itu untuk browsing, bermedia sosial, streaming, download dan lain sebagainya.

cara cek kecepatan internet di hp/pc

Kebutuhan akan internet terus meningkat setiap harinya, baik dari segi jumlah serta kecepatan koneksi. Nah, kecepatan internet mempengaruhi aktivitas. Jika koneksi internet kalian cepat, maka proses seperti download atau streaming akan berjalan dengan lancar dan ngebut.

Sebaliknya jika lamban, maka proses koneksi juga akan lama. Ini sangat penting untuk diketahui, misalnya ketika kamu ingin bermain game, mengisi data penting di internet dan sebagainya. Agar berjalan lancar tanpa kendala, kamu harus cek kecepatan jaringan internet terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Menghapus Cache di Hp Android

Lalu, bagaimana cara kita bisa melihat kecepatan internet dari data seluler atau wifi yang digunakan?

Berikut penjelasan dari Teknobae.

Cara Cek Kecepatan Internet di Hp dan PC/Laptop

Untuk mengecek kecepatan internet di Hp ataupun laptop dari jaringan yang digunakan sangatlah mudah. Kamu bisa lakukan tanpa aplikasi tambahan apapun, karena kita akan memanfaatkan layanan situs speed test.

1. Melalui Fast.com

Yang pertama ada fast.com yang merupakan situs garapan Netflix. Situs ini akan membantu kamu untuk mengecek kecepatan internet.

Kamu bisa mengecek kecepatan internet menggunakan situs ini dengan mudah. Terlebih lagi situs ini mengklaim bebas dari iklan dengan tampilan yang sederhana.

Kamu hanya perlu masuk ke situs https://fast.com/id/ melalui web browser yang ada di Hp atau laptop atau PC. Kemudian situs akan secara otomatis membaca dan menghitung kecepatan internet yang sedang digunakan.

Informasi kecepatan internet akan di tampilkan secara jelas pada layar utama dengan satuan Megabites per second (Mbps). Kelebih dari situs ini adalah kamu bisa menggunakannya secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sedikitpun alias gratis.

Baca juga : Kode Rahasia Hp Samsung yang Jarang Diketahui

2. Melalui Speedtest.net

Speedtest.net layanan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengecek kecepatan internet. Situs ini dikembangkan oleh Ookla asa Montana, Amerika Serikat.

Situs ini sudah sangat populer digunakan karena sudah dirilis sejak tahun 2006. Kamu bisa menguji performa internet dari wifi indihome atau data seluler dengan mudah.

Kamu bisa mengakses speedtest.net melalui berbagai perangkat seperti Hp Android, iOS/iPhone, Laptop, PC dan lain sebagainya.

Caranya kamu hanya perlu masuk ke web browser kemudian masuk ke situs https://www.speedtest.net/. Pada dashboard awal, silahkan kamu klik tombol GO.

Nah, biarkan website melakukan rekap untuk tes kecepatan internet yang digunakan. Hanya dalam beberapa detik saja, kamu sudah bisa memperoleh informasi tersebut.

3. Akses Situs Meter.net

Cara selanjutnya untuk mengecek kecepatan internet adalah dengan melalui website meter.net. Tidak jauh berbeda dari sebelumnya, situs ini dapa kamu akses dengan mudah tanpa harus mengunduh aplikasi.

Beberapa informasi yang ditampilkan di meter.net ini diantaranya PING, upload speed dan download speed. Bisa dikatakatan fitur pada situs ini cukup lengkap.

Silahkan buka situs meter.net dari hp kamu. Kemudian kamu akan melihat tombol START. Silahkan tekan tombol tersebut, maka proses mengecek koneksi akan dimulai.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses tersebut kurang lebih 30 detik. Setelah proses selesai, semua informasi akan ditampilkan pada layar.

Baca juga : Cara Kalibrasi Baterai Hp Android

4. Dengan Situs Speedsmart.net

Situs lainnya bernama speedsmart yang berfungsi memberikan informasi kecepatan internet yang cukup akurat. Sama seperti sebelumnya, untuk menggunakan silakan kunjung situs speedsmart.net.

Klik tombol START SPEEDTEST untuk mulai pengecekan. Hasil yang ditampilkan diantaranya download speed, upload speed, PING, provider, IP dan server.

Situs ini memiliki keakuratan yang tinggi mengingat dia menggunakan HTML5. Sedangkan layanan lain masih menggunakan Flash atau Java.

Menariknya situs ini juga sudah menyediakan aplikasinya sendiri yang bisa kamu download di PlayStore secara gratis. Tools ini juga sudah support untuk test jaringan wifi ataupun seluler.

5. Melalui Situs Bandwidth Place

Terakhir, kamu dapat menggunakan situs bandwitdhplace.com untuk mengecek kecepatan internet. Dirilis pada tahun 2002 oleh perusahaan penyedian layanan internet asal Houston, Texas.

Caranya juga mirip dengan situs sebelumnya, kamu hanya perlu mengunjungi situs bandwithplace.com/ kemudian tekan tombol START yang ada. Proses akan dilakukan dalam beberapa detik saja.

Sebelum akhirnya informasi seperti PING, download speed, dan upload speed akan ditampilkan. Layanan server Bandwidth Place punya fungsi yang memudahkan pengguna menentukan lokasi keberadaannya.

Pada situs ini kamu akan menemukan kolom untuk mengetahui jenis provider yang digunakan, apakah data seluler Telkomsel, Wifi dan lainnya.

Akhir Kata

Kelima situs tersebut bisa kamu gunakan secara gratis tanpa bayar. Nah, itu saja pembahasan mengenai cara cek kecepatan internet di Hp ataupun PC. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Next Post Previous Post