Pengertian Worksheet dan Workbook pada Microsoft Excel

Pengertian Worksheet dan Workbook pada Microsoft Excel

Pengertian Worksheet dan Workbook pada Microsoft Excel

Pengertian Worksheet dan Workbook – Dalam melakukan segala suatu pekerjaan di Micosoft Excel, kita sering melihat dan mendengar istilah sheet dan workbook. Secara tidak langsung, kita selalu mengerjakan berbagai laporan pekerjaan melalui sheet-sheet yang ada di dalam workbook. Namun, secara definisi apa itu worksheet dan apa itu workbook? Nah, kali ini kita akan bahasa 2 hal tersebut secara lengkap.

Microsoft excell adalah program aplikasi dari microsoft office yang memiliki berbagai fitur seperti kalkulasi, pembuatan grafik, dll serta aplikasi paling populer yang dipakai oleh berbagai komputer atau laptop sekarang ini selain microsoft word. Dalam pekerjaan pembuatan data dan kalkulasi, microsoft excell ini sangat membantu karena memiliki fitur sheet dan workbook yang bisa digunakan secara multitasking. Worksheet dan workbook itu apa? Yuk simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Worksheet

Worksheet atau sheet adalah lembar kerja yang berisi sel – sel yang terdiri dari kolom (Column) dan baris (Row) yang ditampilkan dalam sebuah workbook di aplikasi microsoft excel. Dalam sebuah worksheet terdiri dari 16.384 kolom dan 1.048.576 baris yang bisa digunakan untuk mengolah data, membuat formula, grafik dan lain-lain.

Pengertian Worksheet dan Workbook pada Microsoft Excel

Sheet atau worksheet ini secara default / standar ketika pertama kali membuka microsoft excel disediakan 3 sheet. Dari 3 sheet tersebut anda bisa mengolah dengan menambah atau mengurangi sheet yang ada dengan minimal sheet 1 dalam setiap workbook.

mengolah worksheet


Untuk menampilkan menu tersebut, silahkan arahkan kursor menuju salah satu sheet, lalu klik kanan maka akan muncul tampilan seperti di atas.

  • Menu insert digunakan untuk menambah worksheet atau sheet, 
  • Delete digunakan untuk menghapus sheet,
  • Rename digunakan untuk memberi nama pada setiap sheet
  • Move or Copy digunakan untuk memindahkan atau mengkopi sheet dalam 1 workbook atau workbook lainnya
  • View Code digunakan untuk microsoft visual basic
  • Protect Sheet digunakan untuk memberikan password pada setiap sheet sebagai keamanan
  • Tab Color digunakan untuk mewarnai sheet sesuai keinginan
  • Hide digunakan untuk menyembunyikan sheet
  • Unhide digunakan untuk menampilkan sheet yang disembunyikan
  • Select All Sheets digunakan untuk memilih seluruh sheet yang ada.
Baca juga : Perbedaan Workbook dan Worksheet pada Microsoft Excel

Pengertian Workbook

Workbook adalah buku kerja tempat melakukan manajemen data yang dapat menyimpan lebih dari satu Worksheet pada Microsoft Excel. Istilah Worksheet adalah lembar kerja elektronik dimana tempat data-data tersimpan. Worksheet terdiri dari sel yang diidentifikasi dalam baris dan kolom pada Microsoft Excel. Fungsi Workbook berkaitan dengan seluruh perintah yang ada pada Microsoft Excel. Tampilan awal Workbook hanya terdiri dari satu Worksheet, pengguna dapat menambahnya dengan mudah apabila diperlukan. Setiap sel dapat memuat data baik berupa string (tulisan)angka, atau formula Excel.

Check Also

Cara Mengubah Format Sel Pada Microsoft Excel

Cara Mengubah Format Sel Pada Microsoft Excel

Pengertian format sel pada Ms. Excel adalah fitur yang berfungsi untuk memberikan visualisasi data dalam …