Pengertian Ribbon Pada Microsoft Excel Beserta Fungsi dan Bagiannya

Pengertian Ribbon Pada Microsoft Excel Beserta Fungsi dan Bagiannya

Ribbon pada Excel terdiri dari  tab menu, grup perintah (command group) dan tombol perintah (command button). Tab Menu pada Microsoft Excel 2016 terdiri dari menu File, Home, Page Layout, Formulas, Data, Review View, Developer, Load Test, Power Pivot dan Team. Fitur Developer, Load Test>, Power Pivot dan Team secara default disembunyikan pada Microsoft Excel. Masing-masing hidangan terdiri dari command group kawasan tombol perintah berkelompok.

Masing-masing tombol perintah menawarkan bermacam-macam kegunaan atau Fungsi Ribbon pada Microsoft Excel. Dapat disimpulkan Pengertian Ribbon pada Excel yakni kumpulan perintah yang terdiri dari beberapa tab menu, yang mana setiap tab terdiri dari tombol-tombol perintah dalam grup tertentu.

Bagian-Bagian Dari Ribbon

Ribbon Microsoft Excel terdiri dari dari tab hidangan yang dilengkapi dengan grup perintah, berikut penjelasannya

  1. Menu File

    Menu file merupakan hidangan utama pada Microsoft Excel 2016. Sejak rilis Microsoft Excel 2010, Office Button mulai digantikan dengan Menu File pada Ribbon Microsoft Excel. Menu File berfungsi untuk membuat, menyimpan, membuka serta administrasi file dan aplikasi pada Microsoft Excel.

    secara default disembunyikan pada Microsoft Excel Bagian, Fungsi dan Pengertian Ribbon Pada Microsoft Excel

  2. Menu Home

    Menu home pada Microsoft Excel menawarkan perintah-perintah pada Microsoft Excel yang paling sering digunakan. Berikut gambaran dari Menu Home

    Pengertian Ribbon Pada Microsoft Excel Beserta Fungsi dan Bagiannya

    Adapun Command Group dari Menu Home

    • Clipboard adalah grup perintah yang dipakai untuk melaksanakan cut, copy, paste pada Microsoft Excel. Cut yakni perintah untuk memindahkan data, copy perintah untuk meniru data dan paste yakni perintah untuk menjalankan perintah cut/paste di sel, worksheet maupun workbook yang berbeda dengan data aslinya.

    • Font adalah grup perintah yang berfungsi untuk administrasi font pada Microsoft Excel. Anda sanggup membuka obrolan font dengan menekan CTRL+SHIFT+F. Berikut obrolan font pada Microsoft Excel

      secara default disembunyikan pada Microsoft Excel Bagian, Fungsi dan Pengertian Ribbon Pada Microsoft ExcelDialog Font Pada Microsoft Excel

    • Alignment adalah grup perintah pada Microsoft Excel yang berfungsi untuk mengatur perataan tampilan data serta penggabungan sel Microsoft Excel. Anda juga sanggup membuka obrolan alignment pada Microsoft excel dengan klik ikon di pojok kanan bawah group alignment. Berikut obrolan alignment,

      secara default disembunyikan pada Microsoft Excel Bagian, Fungsi dan Pengertian Ribbon Pada Microsoft ExcelAlignment pada Microsoft Excel 2016

    • Number adalah grup perintah yang berfungsi untuk merubah format tampilan angka pada Microsoft Excel. Terdapat banyak format angka pada Microsoft Excel ibarat general, accounting, percentage dan lain-lain. Berikut tampilan obrolan number pada Microsoft Excel.

      secara default disembunyikan pada Microsoft Excel Bagian, Fungsi dan Pengertian Ribbon Pada Microsoft ExcelNumber pada Microsoft Excel 2016

    • Styles adalah grup perintah yang berfungsi untuk menawarkan kustomisasi tampilan sel pada Microsoft Excel. Fitur ini menciptakan tabel yang akan dicetak menjadi lebih menarik.

    • >Cells adalah grup perintah yang berfungsi untuk melaksanakan modifikasi sel baik width (lebar), height (tinggi) dan lain-lain.

    • Editing adalah grup perintah yang sangat berfungsi untuk administrasi data. Editing menyediakan tombol perintah yang sering dipakai untuk menciptakan formula Excel ibarat SUM, MAX, MIN dan lain-lain.

  3. Menu Insert

    Menu Insert berfungsi untuk menyisipkan data pada lembar kerja Microsoft Excel. Berikut Ilustrasi dari hidangan Insert

    secara default disembunyikan pada Microsoft Excel Bagian, Fungsi dan Pengertian Ribbon Pada Microsoft ExcelMenu Insert Pada Microsoft Excel 2016 (klik untuk memperbesar)

    Adapun Command Group dari hidangan Insert

    • Tables adalah grup perintah yang berfungsi untuk menciptakan tabel dan pivot.

    • Illustrations adalah grup perintah yang berfungsi untuk menambahkan gambar dan shape.

    • Add-Ins adalah grup perintah untuk menambahkan fitur aksesori dari microsoft store.

    • Charts adalah grup perintah yang berfungsi untuk menciptakan grafik pada Microsoft Excel. Berikut gambaran dari obrolan charts pada Microsoft Excel

      secara default disembunyikan pada Microsoft Excel Bagian, Fungsi dan Pengertian Ribbon Pada Microsoft ExcelCharts Pada Microsoft Excel 2016

    • Tours adalah grup perintah yang sanggup menciptakan data geografis pada Microsoft Excel. 3D Maps Microsoft Excel sanggup diilustrasikan sebagai berikut

      secara default disembunyikan pada Microsoft Excel Bagian, Fungsi dan Pengertian Ribbon Pada Microsoft Excel3D Maps Pada Microsoft Excel 2016

    • Sparklines adalah grup perintah untuk menciptakan mini charts.

    • Filters adalah grup perintah yang dipakai untuk menyaring data. Terdapat dua jenis filter yaitu Slicer untuk menyaring data secara visual dan Timeline dipakai untuk menyaring data menurut waktu.

    • Links adalah grup perintah yang dipakai untuk menambah Hyperlink pada sel.

    • Text adalah grup perintah untuk menambahkan teks khusus.

    • Symbols adalah grup perintah untuk menambah simbol dan rumus / equation matematika.

  4. Menu Page Layout

    Menu Page Layout dipakai untuk mengatur ukuran lembar kerja terkait dengan proses mencetak file Excel. Menu Page Layout diilustrasikan sebagai berikut

    secara default disembunyikan pada Microsoft Excel Bagian, Fungsi dan Pengertian Ribbon Pada Microsoft ExcelMenu Page Layout Pada Microsoft Excel (klik untuk membesarkan)

    • Themes adalah grup perintah yang sanggup menawarkan efek visual pada lembar kerja Microsoft Excel.

    • Page Setup adalah grup perintah yang dipakai untuk melaksanakan pengaturan kertas pada lembar kerja Microsoft Excel. Berikut gambaran Page Setup pada Microsoft Excel,

      secara default disembunyikan pada Microsoft Excel Bagian, Fungsi dan Pengertian Ribbon Pada Microsoft Excel

    • Scale to fit adalah grup perintah untuk mengatur skala baris dan kolom terhadap ukuran kertas pada lembar kerja Microsoft Excel. Anda sanggup mengatur banyaknya kolom dan baris yang akan ditampilkan pada ukuran kertas di lembar kerja Microsoft Excel. Kotak obrolan ini sesungguhnya berada pada kotak dialog Page Setup namun disediakan grup khusus untuk mempermudah pengguna.

    • Sheet Option adalah grup perintah untuk menampilkan Gridlines (garis pembatas sel) dan Headings baik ketika melaksanakan editing melalui lembar kerja excel maupun printing. Jendela sheet Option berada pada tab sheet jendela Page Setup. 

      secara default disembunyikan pada Microsoft Excel Bagian, Fungsi dan Pengertian Ribbon Pada Microsoft Excel

    • Arrange adalah grup perintah yang berfungsi untuk mengatur objek umumnya berupa shape pada lembar kerja Microsoft Excel. Terdapat pilihan Bring Forward, Send Backward, Selection Pane, Align, Group Objects dan Rotate.

  5. Menu Formulas

    Menu Formulas berisi grup perintah terkait formula Excel, berikut gambaran dari hidangan Formulas

    secara default disembunyikan pada Microsoft Excel Bagian, Fungsi dan Pengertian Ribbon Pada Microsoft ExcelMenu Formulas Pada Microsoft Excel 2016 (klik untuk memperbesar)

    • Function Library adalah grup perintah yang berfungsi menampilkan semua formula yang sanggup dipakai pada Microsoft Excel.

    • Defined Names adalah grup perintah ini berfungsi untuk menawarkan nama sel pada Microsoft Excel.

    • Formula Auditing yakni grup perintah yang berisi untuk administrasi suatu proses yang dilakukan suatu formula terhadap sel-sel pada Microsoft Excel.

    • Calculation secara default fitur ini memang diaktifkan di Microsoft Excel untuk menghitung suatu formula secara langsung. Anda sanggup mengubahnya pada grup perintah ini.

  6. Menu Data 

    Menu Data terkait dengan administrasi data secara keseluruhan pada Microsoft Excel baik

    secara default disembunyikan pada Microsoft Excel Bagian, Fungsi dan Pengertian Ribbon Pada Microsoft Excel

    1. Get External Data adalah perintah yang berfungsi untuk melaksanakan import data di luar ruang lingkup Excel, ibarat Microsoft Access dan SQL.

    2. Get & Transform yakni grup perintah kompleks yang sanggup menggabungkan data dari sumber yang berbeda dan menampilkan dalam suatu format tertentu.

    3. Connections adalah grup perintah yang berfungsi untuk menghubungkan tabel tabel dalam lembar kerja microsoft Excel.

    4. Sort & Filter, grup perintah ini juga terdapat pada Menu Home Microsoft Excel.

    5. Data Tools adalah grup perintah ini dipakai pada penggunaan tingkat lanjut untuk analisis data, biasanya dipakai pada penelitian.

    6. Forecast adalah grup perintah yang berfungsi untuk meramalkan atau peluang memakai Microsoft Excel.

    7. Outline adalah grup perintah yang dipakai untuk mengelompokkan data sehingga lebih gampang untuk dilihat.

  7. Menu Review

    Menu Review terkait dengan penulisan, perubahan serta komentar pada Microsoft Excel

    secara default disembunyikan pada Microsoft Excel Bagian, Fungsi dan Pengertian Ribbon Pada Microsoft ExcelMenu Review Pada Microsoft Excel 2016

    1. Proofing adalah grup perintah yang berfungsi untuk menganalisis kesalahan penulisan pada Microsoft Excel.

    2. Insight adalah grup perintah yang berfungsi mencari informasi terkait data yang anda buat dengan memakai Bing Search Engine.

    3. Language adalah grup perintah yang berfungsi menerjemahkan data yang anda buat ke bahasa lainnya.

    4. Comments adalah grup perintah yang berfungsi untuk menambahkan komentar pada lembar kerja, sehingga lebih gampang untuk dibaca.

    5. Changes adalah grup perintah yang berfungsi untuk menawarkan keamanan data sehingga perubahan data lebih aman. Salah satunya anda sanggup menawarkan password pada file Microsoft Excel yang anda buat.

  8. Menu View

    Menu View terkait dengan tampilan pada jendela Microsoft Excel secara keseluruhan

    secara default disembunyikan pada Microsoft Excel Bagian, Fungsi dan Pengertian Ribbon Pada Microsoft Excel

    1. Workbook View adalah grup perintah yang berfungsi untuk merubah tampilan Lembar Kerja, tombol perintah ini juga tersedia di pojok kanan bawah jendela Workbook Microsoft Excel.

    2. Show adalah grup perintah yang berfungsi menampilkan atau tidak Rules, Formula Bar, Gridlines atau Headings.

    3. Zoom adalah perintah untuk memperkecil atau memperbesar tampilan lembar kerja Excel.

    4. Window adalah grup perintah terkait administrasi jendela Microsoft Excel, anda sanggup menambah jendela workbook gres dengan memakai fitur ini.

    5. Macros adalah perintah tingkat lanjut untuk administrasi perintah-perintah pada Microsoft Excel.

  9. Developer, Load Test, Power Pivot & Team

    Merupakan Tab Menu tingkat lanjut yang dipakai untuk keperluan yang lebih kompleks.


sumber:https://www.advernesia.com

Check Also

Cara Mengubah Format Sel Pada Microsoft Excel

Cara Mengubah Format Sel Pada Microsoft Excel

Pengertian format sel pada Ms. Excel adalah fitur yang berfungsi untuk memberikan visualisasi data dalam …