Pengertian Program Microsoft Excel

Pengertian Program Microsoft Excel

Pengertian Program Microsoft Excel

Kesempatan kali ini fungsi dan rumus excel lengkap akan menguraikan tentang program  microsoft excel dan bagian-bagian dalam program tersebut. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa perangkat lunak aplikasi yang tergabung dalam paket program microsoft office system 2007, antarmuka excel 2007 pun tidak jauh berbeda dengan antarmuka Word 2007.

Untuk lebih jelas, perlu kami kemukakan pembahasan pada materi kali;

  1. Pengertian program Microsoft Excel
  2. Fungsi Program Microsoft Excel
  3. Bagian-bagian pada program Microsoft Excel

Berikut uraiannya:

Pengertian Program Microsoft Excel

Menurut salah satu sumber dikatakan bahwa Program Microsoft excel adalah salah satu varian dari program aplikasi komputer yang berbentuk lembar sebar (Spreadsheet), maksudnya aplikasi yang mensimulasikan lembaran kertas kerja yang disusun dalam bentuk grid dan terdiri dari pertemuan kolom dan baris (Cell).

Selain itu spreadsheet adalah tabel-tabel nilai data yang berbentuk kotak tersusun dari baris dan kolom. Masing-masing nilai dapat memiliki suatu hubungan yang telah terdefinisikan dengan nilai lainnya.

Asal kata lembar sebar atau spreadsheet adalah analogi ketika sebuah halaman buku yang berhadap-hadapan terpisah oleh sebuah lipatan ditengah dan ketika lembar tersebut di sebar (dilebarkan) maka terbentuk menjadi satu halaman besar (Workbook).

Jadi bisa dikatakan bahwa Microsoft Excel adalah salah satu program aplikasi yang dikeluarkan perusahaan Microsoft yang dikhususkan mengolah  data berupa nilai, angka atau formula. Program ini masuk dalam kategori sistem program lembar sebar (Spreadsheet). Excel dilengkapi dengan kemampuan dan fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi pengolah angka lain.

Fungsi dan Kegunaan Program Microsoft Excel

Secara umum program lembar sebar (Spreadsheet) yang dalam hal ini adalah Microsoft Excel mempunyai beberapa fungsi utama, yaitu:

  • Membuat tabel, program ini sangat pas jika kita ingin membuat data berupa tabel, karena bentuk lembar kerjanya sudah berupa tabel yang siap diisi data.
  • Melakukan perhitungan yang menggunakan tabel (tabulasi). Artinya jika data kita membutuhkan hitung-hitungan maka program ini sudah pas dan mudah.
  • Membuat laporan keuangan, penjualan, laporan gaji dan sebagainya. Program ini sangat membantu kita dalam pembuatan laporan-laporan, karena di dalam program ini sudah disediakan fasilitas untuk melakukan perhitungan, baik yang berhubungan dengan keuangan maupun aritmatika.
  • Membuat grafik. Jika kita ingin membuat grafik terhadap data yang kita kelola, maka program ini sudah menyediakah fasilitas yang berhubungan dengan semua kebutuhan grafik.
  • Melakukan penghitungan rumus-rumus statistik, dan lain sebagainya. Sekali lagi program ini memang dikemas untuk mengolah data berupa nilai-nilai dan angka, maka dilengkapi dengan rumus-rumus untuk mempermudah pengguna dalam melakukan penghitungan, baik yang berhubungan dengan statistik, aritmatika, teks dan lain sebagainya.

Bagian-Bagian Microsoft Excel

Berikut adalah uraian tentang beberapa bagian antarmuka microsoft office excel yang perlu kita ketahui;

Office Button/Tombol Microsoft Office.

berfungsi menampilkan perintah-perintah sebagaimana dalam menu file pada Microsoft Office 2003, perintah-perintah itu meliputi New, Open, Save, Save as, Print, Close, Excel Options dan Exit excel.

Quick Access Toolbar.

Berfungsi untuk menampilkan perintah-perintah yang sering digunakan dalam proses pengetikan, isi perintah ini hampir sama dengan Office Button.

Ribbon.

pada Microsoft Office Excel 2007 memiliki 7 tab utama, yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review dan View

Kotak Nama (Name Box).

Bagian ini memuat informasi tentang alamat sel atau nama objek. Kotak nama juga dapat digunakan untuk menamai sel sehingga sewaktu-waktu mudah dilacak.

Batang Rumus (Formula Bar).

Berfungsi menampilkan informasi mengenai isi sel yang sedang aktif.

Lembar Kerja (Worksheet).

Pada saat kita mengaktifkan Microsoft Office Excel, sebuah buku kerja (Workbook) kosong akan terbuka dan siap digunakan. Pada kondisi awal (default), buku kerja tersebut terdiri dari tiga lembar kerja (Worksheet) yang diwakili oleh tab lembar kerja (Sheet tab). Jumlah lembar kerja dalam tiap buku kerja dapat ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan.

Kolom (Column).

Bagian dari lembar kerja yang terdiri atas 16.384 kolom dan di wakili dengan huruf A, B, C, sampai XFD.

Baris (Rows).

Bagian dari lembar kerja yang terdiri dari 1.048.576 baris dan di wakili dengan angka 1, 2, 3, sampai 1.048.576.

Sel (Cell)

Menunjukkan pertemuan/perpotongan antara kolom dan baris. Sel diberi nama menurut posisi kolom dan barisnya. Misalnya sel B2 artinya perpotongan antara kolom B dan baris 2. Bagian ini juga digunakan untuk memasukkan data-data.

Microsoft Office Excel Help

Bagian ini berfungsi untuk memberikan informasi dalam penggunaan  program Microsoft Office excel.

Batang Penggulung (Scroll Bar)

Adalah bagian yang digunakan untuk menggulung layar, dalam excel scrool terdiri dari 2 yaitu, batang penggulung vertikal, yaitu berfungsi untuk menggeser lembar kerja ke atas atau ke bawah. Batang Penggulung Horizontal, menggeser lembar kerja ke kiri dan ke kanan.

Batang Status (Status Bar)

Bagian berfungsi menampilkan informasi status sel yang sedang aktif serta informasi seputar operasi pengolahan data yang sedang dilakukan.

View Mode Shortcut

Pada bagian ini terdiri dari 3 tombol yaitu Normal, Page Layout, dan Page Break Preview. Tombol Normal berfungsi untuk menampilkan lembar kerja secara sederhana, Tombol Page Layout berfungsi untuk menampilkan lembar kerja pada saat tercetak di atas kertas. Tombol Page break Preview berfungsi untuk menampilkan lembar kerja menurut pemenggalan halaman.

Zoom

Secara sederhana bagian ini berfungsi membesarkan dan mengecilkan tampilan layar. Terdiri dari 2 bagian tombol zoom dan zoom slider..tombol zoom ini berfungsi menampilkan kotak dialog Zoom yang berguna menentukan tingkat pembesaran secara teliti, sedang zoom slider digunakan untuk mengatur tingkat pembesaran lembar kerja secara dinamis dengan menggeser penalannya.

Demikian sekilas pembahasan tentang Program Microsoft Excel dan Bagian-bagiannya, semoga manfaat.

Check Also

Cara Mengubah Format Sel Pada Microsoft Excel

Cara Mengubah Format Sel Pada Microsoft Excel

Pengertian format sel pada Ms. Excel adalah fitur yang berfungsi untuk memberikan visualisasi data dalam …