Macam Macam Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya

Macam Macam Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya

Macam Macam Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya – Bulan ialah satelit alam terbesar yang dimiliki oleh bumi. Keberadaan bulan selalu mengelilingi bumi. Setiap planet di Tata Surya mempunyai satelitnya masing masing. Bahkan adapula planet yang mempunyai satelit alam lebih dari satu. Tetapi untuk planet bumi hanya mempunyai satu jenis satelit alam yaitu Bulan. Satelit tersebut sanggup dibagi menjadi macam macam gerhana bulan. Setiap jenis mempunyai proses terjadinya gerhana bulan yang berbeda beda. Hal ini dikarenakan posisi bumi, bulan dan matahari juga berbeda. Bulan sanggup dikatakan sebagai sumber cahaya dimalam hari. Meskipun bulan tidak sanggup memancarkan cahayanya sendiri, tetapi bulan sanggup memantulkan cahaya matahari.

Bulan mempunyai fase atau bentuknya sendiri, maka dari itu bentuk bulan selalu berubah ubah. Bulan mempunyai fase yang berbeda beda alasannya ialah faktor jarak dan posisi bulan yang berbeda pula. Bulan mengelilingi bumi selama 30 hari dan sanggup disebut sebagai 1 bulan. Lalu apa saja macam gerhana bulan itu? Bagaimana proses terjadinya? Kali ini aku akan membahas mengenai macam macam gerhana bulan beserta proses terjadinya gerhana bulan. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Baca juga : Rumus Tekanan Hidrostatis Beserta Contoh Soalnya

Macam Macam Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya

Gerhana Bulan ialah bencana dimana bulan, bumi dan matahari berada di satu garis lurus. Maka dari itu bumi akan membuat bayangan yang akan menutupi seluruh atau sebagian bulan. Selain itu bumi juga menghalangi sinar matahari untuk hingga ke bulan. Ada beberapa pendapat bahwa proses terjadinya gerhana bulan lebih sering daripada proses terjadinya gerhana matahari. Namun pendapat tersebut salah. Gerhana matahari terjadi sebanyak 238 kali setiap abad, sedangkan Gerhana Bulan terjadi sebanyak 154 kali setiap abad. Macam macam gerhana bulan dengan macam macam gerhana matahari sangatlah berbeda. Kita lebih sering mengamati gerhana bulan setiap malam hari, hal ini dikarenakan gerhana bulan berlangsung lebih usang daripada gerhana matahari.

Dibawah ini terdapat proses terjadinya gerhana bulan secara umum, yaitu:

  1. Bulan yang awalnya bersinar terang kemudian bertahap tertutup oleh bayangan dan bermetamorfosis hitam. Bayangan hitam tersebut berasal dari bumi. 
  2. Bulan akan tertutup bayangan semakin usang semakin banyak hingga terlihat sebagian saja dan akan berbentuk menyerupai sabit.
  3. Setelah bulan berbentuk sabit, kemudian bulan akan sepenuhnya hilang alasannya ialah tertutup oleh bayangan bumi. Saat itulah kita tidak melihat bulan sama sekali, menyerupai bulan seakan akan hilang.
  4. Lalu bulan akan terlihat kembali menyerupai semula dititik awal kita melihatnya pertama kali. Penampakan bulan secara penuh dimulai saat bentuknya sabit terlebih dahulu kemudian akan terlihat sebagian. Setelah bulan berbentuk sebagian, kemudian akan berubah bentuk menjadi bulan utuh.

Macam Macam Gerhana Bulan

Macam macam gerhana bulan sanggup dibagi menjadi tiga yaitu gerhana bulan total, gerhana bulan sebagian dan gerhana bulan penumbra. Berikut klarifikasi mengenai masing masing gerhana bulan tersebut:

Gerhana Bulan Total

Macam gerhana bulan yang pertama ialah gerhana bulan total. Proses terjadinya gerhana bulan total ialah saat bulan berada ditengah tengah tempat umbra. Untuk lebih jelasnya sanggup anda lihat gambar dibawah ini:

Macam Macam Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya Macam Macam Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya
Gerhana Bulan Total


Gerhana Bulan Sebagian

Macam gerhana bulan selanjutnya ialah gerhana bulan sebagian. Proses terjadinya gerhana bulan sebagian ialah saat bulan terletak ditengah tengah umbra dan penumbra. Terdapat sebagian sinar yang hingga ke permukaan bulan. Untuk lebih jelasnya sanggup anda lihat gambar dibawah ini:

Macam Macam Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya
Gerhana Bulan Sebagian


Gerhana Bulan Penumbra

Macam gerhana bulan selanjutnya ialah gerhana bulan penumbra. Proses terjadinya gerhana bulan penumbra ialah saat bulan terletak didaerah penumbra. Bulan akan terlihat suram. Untuk lebih jelasnya sanggup anda lihat gambar dibawah ini:

Macam Macam Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya Macam Macam Gerhana Bulan Beserta Proses Terjadinya
Gerhana Bulan Penumbra

Baca juga : Jenis-jenis Fase Bulan Beserta Pergerakannya

Ketika terjadinya gerhana bulan total, bulan akan tampak kemerahan alasannya ialah berkaitan dengan atmosfer. Semakin merah warna bulan, maka semakin besar lengan berkuasa pula tingkat polusi yang terjadi di atmosfer. Sebenarnya gerhana bulan mempunyai warna orisinil gelap. Namun alasannya ialah atmosfer maka kita sanggup melihat gerhana bulan tersebut. Atmosfer akan melaksanakan pembiasan cahaya matahari dan akan membiaskan panjang gelombang yang awalnya berwarna biru bermetamorfosis warna merah.

Demikianlah klarifikasi mengenai macam macam gerhana bulan beserta proses terjadinya gerhana bulan. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda. Terima kasih.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …