Hukum Kekekalan Momentum Beserta Contoh Soal

Hukum Kekekalan Momentum Beserta Contoh Soal

Hukum Kekekalan Momentum Beserta Contoh Soal – Pada tahun 1600-an pertengahan terdapat tiga orang ilmuan yang meneliti sebuah anggapan Descartes wacana aturan kekekalan gerakan. Ketiga ilmuan tersebut yaitu Wren, John Willis, dan Huygens bersama dengan The Royal Society. Ketiganya berhasil menemukan aturan fisika yang dinamakan Hukum Kekekalan Momentum. Berdasarkan pendapat mereka, seluruh total momentum pada sebuah sistem akan bersifat selalu kekal. Selain itu pengertian momentum berdasarkan ketiga ilmuan tersebut yaitu suatu besaran vektor yang berasal dari hasil kali kecepatan benda dengan massa benda itu sendiri. Adapula referensi soal aturan kekekalan momentum yang sering dipakai sebagai soal ujian SMA.

Hukum ini juga sanggup kita amati pada benda yang saling bertumbukan/berbenturan. Misalnya saja dua buah kelereng yang saling bertumbukan. Kelereng tersebut akan terpental beberapa centi meter sehabis bertumbukan. Hal ini dikarenakan kedua kelereng mempunyai kecepatan tertentu. Kemudian sehabis bertumbukan keduanya akan mempunyai kecepatan tetap apabila tumbukannya lenting sempurna. Hal ini sanggup terjadi dikarenakan keduanya tidak kehilangan energi. Nah pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan wacana aturan kekekalan momentum beserta referensi soal aturan kekekalan momentum. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Baca juga : Perbedaan Gaung dan Gema Beserta Contohnya Lengkap

Hukum Kekekalan Momentum Beserta Contoh Soal

Bunyi Hukum Kekekalan Momentum yaitu “Total keseluruhan momentum sebuah sistem ketika sebelum bertumbukan besarnya sama dengan total momentum sehabis bertumbukan, jikalau tidak disertai dengan adanya gaya luar”. Gaya luar yang besar lengan berkuasa terhadap aturan kekekalan momentum yaitu gaya gesek. Contohnya dua kelereng yang dibenturkan dengan kecepatan yang sama pastinya tidak akan mengalami aturan kekekalan momentum apabila tidak mengalami goresan dengan tanah. Hal ini dikarenakan gaya gesek besar lengan berkuasa terhadap aturan tersebut. Gaya gesek kelereng pada tanah besarnya cukup besar, namun gaya gesek kelereng pada keramik/lantai licin besarnya kecil. Semakin agresif bidang geseknya maka semakin besar pula gaya geseknya.

Hukum Kekekalan Momentum Beserta Contoh Soal Hukum Kekekalan Momentum Beserta Contoh Soal

Di bawah ini terdapat rumus aturan kekekalan momentum yang dipakai untuk mengerjakan referensi soal aturan kekekalan momentum. Berikut rumusnya:

Hukum Kekekalan Momentum Beserta Contoh Soal

Keterangan :
m1 = massa benda pertama (kg)
m2 = massa benda kedua (kg)
 v1 = kecepatan benda pertama sebelum bertumbukan (m/s)
v’1 = kecepatan benda pertama sehabis bertumbukan (m/s)
 v2 = kecepatan benda  kedua sebelum bertumbukan (m/s)
v’2 = kecepatan benda kedua sehabis bertumbukan (m/s)

Contoh Soal Hukum Kekekalan Momentum

1. Seorang anak sedang bermain skateboard dengan kecepatan 6 m/s dan massa skate board 4 kg. Apabila anak tersebut massanya 20 kg. Berapakah kecepatan skate board sehabis anak tadi melompat kedepan dengan kecepatan 2 m/s?

Pembahasan
Diketahui : m1 = 25 kg; v1 = v2 = 6 m/s; m2 = 4 kg; v’1 = 2 m/s
Ditanyakan : v’2 = ?
Jawab:
    m1 v1+ m2 v2 = m1 v’1 + m2 v’2
(25 x 6) + (4 x 6) = (25 x 2) + (4 x v’2)
             150 + 24 = 50 + 4v’2
                     174 = 50 + 4v’2
                    4v’2 = 174 – 50
                    4v’2 = 124
                      v’2 = 124/4
                      v’2 = 31 m/s

2. Sebuah peluru mempunyai massa 10 gram kemudian ditembakkan ke titik tembak. Apabila peluru tersebut bergerak dengan kecepatan 100 m/s dam massa senapan 1,5 kg. Berapakah kecepatan mundur dari senapan tadi sehabis melepas tembakan?

Pembahasan
Diketahui : mp = 10 g = 0,01 kg; vp = vs = 0 m/s; vp’ = 100 m/s’ ms = 1,5 kg
Ditanyakan : vs’ = ?
Jawab:
    mp vp+ ms vs = mp vp’ + ms vs’
(0,01 x 0) + (1,5 x 0) = (0,01 x 100) + (1,5 x vs’)
                         0 + 0 = 1 +1,5 vs’
                      -1,5 vs’ = 1
                             vs’ = -0,67 m/s
Tanda (-) diatas maknanya senapan bergerak kebelakang.

Baca juga : Pengertian Gaya Gravitasi dan Gaya Berat Beserta Contohnya

Demikianlah klarifikasi mengenai aturan kekekalan momentum beserta referensi soal aturan kekekalan momentum. Semoga artikel ini sanggup menambah wawasan anda. Terima kasih.

Check Also

Pengertian dan Kelebihan Bahasa Pemrograman Go

Mempelajari bahasa pemrograman memang tidak ada habisnya. Dunia teknologi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman …