Ingin Sukses Di Kampung? Coba 5 Peluang Usaha Online Yang Bisa Dijalankan Di Kampung !

Ingin Sukses Di Kampung? Coba 5 Peluang Usaha Online Yang Bisa Dijalankan Di Kampung !
Ingin Sukses Di Kampung? Coba 5 Peluang Usaha Online Yang Bisa Dijalankan Di Kampung !

Siapa bilang orang kampung tidak bisa sukses? di zaman modern seperti saat ini, kesuksesan bisa dicapai oleh siapa saja. Tidak perduli apakah ia orang kota atau orang kampung.

Yang menjadi penentu kesuksesan adalah kemauan, kerja keras, pantang menyerah dan pandai memanfaatkan peluang.

Walaupun anda adalah orang kampung yang tidak punya latar belakang pendidikan tinggi, namun jika anda bisa memanfaatkan peluang yang ada maka anda pun bisa menggapai kesuksesan itu.

5 Peluang Usaha Online Yang Bisa Dijalankan Di Kampung

Nah berikut adalah 5 peluang usaha online yang bisa anda jalankan dari kampung:

1. Menjadi Blogger Profesional

Menjadi blogger profesional merupakan peluang usaha online pertama yang bisa anda jalankan untuk bisa meraih sukses.

Mungkin anda masih ragu untuk memilih peluang usaha blogger profesional ini, dan mungkin juga anda beranggapan bahwa peluang usaha ini tidak terlalu menjanjikan.

Lalu bagaimana dengan mereka yang telah sukses menjadi blogger dan mempunyai penghasilan puluhan bahkan ratusan juta dari blog?

Contoh sederhana yang bisa anda jadikan inspirasi adalah kampung blogger.

Mungkin nama kampung satu ini jarang sekali anda dengar, namun ketahuilah bahwa kampung ini adalah sebuah komunitas blogger yang berlokasi di Magelang jawa tengah. Dimana hampir sebagian besar masyarakatnya adalah blogger.

Pendiri kampung blogger sendiri adalah Sumbodo Malik yang juga merupakan seorang blogger profesional dengan penghasilan yang sudah mencapai ratusan juta dari blognya.

Lalu bagaimana cara Sumbodo Malik dan masyarakat kampung blogger mendapat penghasilan dari blognya?

Mereka membuat banyak situs blog berbahasa inggris (bule) dimana setiap blog yang mereka miliki akan dipasang iklan Google Adsense.

Dimana jika ada seseorang yang mengklik atau melihat iklan tersebut, maka sang pemilik blog akan mendapatkan uang.

2. Menjadi Youtuber Kampung

Menjadi seorang youtuber itu sama dengan menjadi artis atau selebriti, bedanya adalah anda sendiri yang menentukan konten dalam video.

Menjadi youtuber bukan hanya sebatas berkreasi dan menjadi populer, namun juga bisa kita memanfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan.

Untuk menjadi seorang youtuber kampung tidak bisa dibilang mudah, namun juga tidak terlalu sulit.

Anda hanya perlu membuat video-video unik dan menarik. Nah pertanyaannya sekarang, bagaimana cara membuat video yang unik dan menarik?

Apakah saya perlu menjelajah keluar negeri untuk bisa membuat konten yang menarik?

Tidak juga, jika anda ingin membuat konten unik dan menarik namun dengan biaya yang minim (low budget), maka anda bisa membuat konten yang berisikan keunikan lingkungan tempat anda tinggal.

Contohnya jika anda tinggal di suatu kampung dengan berbagai macam wisata alam dan budaya yang unik, maka anda bisa membuat video yang berkaitan dengan hal-hal tersebut.

Lalu apakah hanya dengan membuat video unik dan menarik saja, maka saya bisa mendapat uang?

Tentu tidak ! untuk bisa mendapat penghasilan dari youtube anda bisa mendaftarkan channel youtube anda ke media periklanan Google Adsense.

Tentunya dengan beberapa persyaratan yang harus anda penuhi terlebih dahulu.

Kemudian setelah akun youtube anda disetujui oleh Google Adsense, maka setiap video yang anda upload akan disertai dengan iklan khusus, dimana jika iklan ini ditonton atau di klik oleh seseorang maka anda akan mendapat uang.

3. Menjual Hasil Pertanian Secara Online

Peluang usaha ini mungkin sangat jarang anda dengar bukan?

ya, jika anda adalah seorang petani desa yang punya hasil pertanian bagus nan melimpah, maka peluang usaha ini sangat cocok untuk dijalankan.

Terutama bagi anda yang sedang kesulitan dalam memasarkan atau mendistribusikan hasil pertanian anda.

Menjual hasil pertanian secara online kini bisa anda lakukan dengan sangat mudah, anda bisa memanfaatkan situs marketplace berikut untuk memudahkan penjualan hasil pertanian anda:

agromarket.com

tanihub.com

sikumis.com

8vilages.com

angon.id

limakilo.id

ingkarsa.com

efishery.com

eragano.com

etanee.com

igrow.asia

4. Berjualan Jasa Secara Online

Apakah anda punya keahlian dibidang tertentu? namun anda tidak punya pekerjaan di kampung? Maka berjualan jasa secara online adalah solusinya!

Anda bisa menawarkan berbagai jenis jasa atau keahlian yang anda miliki ke berbagai orang di dunia maya, atau bahkan anda juga bisa membantu orang-orang di kampung anda untuk ikut menawarkan jasanya secara online.

Nah sebelum anda mulai menjual jasa anda secara online, anda harus tahu terlebih dahulu jasa-jasa apa saja yang sering dibutuhkan di internet:

Jasa pembuatan aplikasi

Jasa pembuatan website

Jasa desain grafis

Jasa penulis artikel

Jasa pemasaran online

Jasa pembuatan iklan

Dan lain-lain

Nah setelah anda sudah mengerti jasa-jasa apa saja yang dibutuhkan di dunia internet.

Maka untukmempermudah anda dalam menemukan calon konsumen yang tepat, maka anda bisa mendaftar pada situs-situs berikut:

freelancer.co.id

projects.co.id

sribulancer.com

5. Jualan Online

Jualan online juga merupakan peluang usaha yang menjanjikan sekalipun bagi anak kampung seperti anda.

Kehidupan modern seperti saat ini, membuat cara hidup masyarakat seakan berubah.

Dari yang dulunya suka berbelanja secara langsung dengan mendatangi tempat-tempat belanja seperti pasar, mall, super market dll. Menjadi lebih modern yaitu hanya dengan melalui smartphone.

Ya, belanja online adalah salah satu cara belanja modern dimana setiap orang yang akan membeli barang tidak perlu lagi mengganti atau mendatangi tempat-tempat belanja.

Mereka hanya perlu memesan barang yang diinginkan melalui smartphone, dan dengan segera barang yang diinginkan akan segera tiba.

Hal ini tentunya menjadi peluang usaha yang bagus dan tidak boleh disia-siakan.

Anda bisa memulai berjualan secara online dengan menjual berbagai produk yang anda miliki, mulai dari baju, tas, aksesoris, dan sebagainya.

Itu dia peluang usaha kampung yang ternyata memiliki prospek keuntungan besar.

Jadi walaupun anda adalah orang kampung namun jika anda jeli dalam melihat peluang, maka apa saja bisa anda manfaatkan untuk meraih sukses.

Nah mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya mohon maaf. Terimakasih dan sampai jumpa di lain kesempatan.

Check Also

Usaha Jasa Mencuci Mobil dan Cara Mudah Untuk Mengembangkannya

Sekarang ini sudah banyak orang yang membuka usaha jasa cuci mobil dan motor. Setiap pemilik …