Teknologi Informasi Menggunakan Seperangkat Komputer

Teknologi Informasi Menggunakan Seperangkat Komputer

Teknologi informasi adalah salah satu ilmu yang mempelajari tentang perancangan, implementasi, pengembangan dukungan atau menajemen sistem informasi yang memiliki basis komputer khususnya hal-hal yang mengenai perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software).

Menggunakan Teknologi informasi seperangkat komputer untuk mengolah data sistem jaringan supaya terhubung antar komputer sesuai dengan yang kamu butuhkan agar data bisa di sebarkan serta di akses secara global tanpa adanya hambatan.

Tujuan Teknologi Informasi

Berikut tujuan dari teknologi informasi :

  • Untuk mengatasi problem terutama mengenai komunikasi global
  • Untuk menambah produktivitas manusia 
  • Untuk meningkatkan kemampuan dan kualitas dari kegiatan manusia
  • Untuk mendukung serta mengembangkan kreativitas manusia dalam kehidupan sehari-hari

Fungsi Teknologi Informasi 

Teknologi Informasi Menggunakan Seperangkat Komputer

1. Capture (Menangkap)

Capture atau menangkap yang di maksud disini ialah menginput data. Menginput data dapat dilakukan dengan banyak alat contohnya menangkap data suara menggunakan mic, menangkap data tulisan menggunakan scanner dan masih banyak alat lainya.

2. Processing (Mengolah)

Data yang sudah di input atau di tangkap nantinya akan diterima untuk menjadi informasi. Proses mengolah data tersebut bisa di lakukan dengan cara konversi, analisis dan hitung-menghitung.

3. Generating (Menghasilkan)

Inforasi yang sudah kamu terima dapat diubah menjadi sedemikian rupa agar menjadi bentuk yang lebih sempurna, berguna dan lebih mudah untuk di mengerti. Misalnya data list panjang bisa di jadikan grafik atau laporan dan data tilisan panjang bisa menghasilkan tabel setelah diolah. 

4. Storage (Menyimpan)

Fungi dari teknologi informasi selanjutnya ialah untuk menyimpan data supaya bisa di gunakan di masa mendatang dalam waktu yang sangat lama. Menyimpan data secara digital akan lebih mempermudah kamu untuk menghindari resiko hilang atau rusak. Kamu bisa melakukan tindakan penyimpanan menggunakan Hard disk, Flash disk, Tape, Cloud storage dan yang lainya.

5. Retrieval (Mencari Kembali)

Masih berhubungan dengan teknologi sebelumnya, teknologi informasi dapat membantu kamu mencari kembali data-data yang telah disimpan sebelumnya. Tidak hanya mencari, kamu juga bisa menyalin lagi data atau informasi telah anda simpan untuk keperluan tertentu.

6. Transmission (Mentransmisi)

Mentransmisi adalah istilah lain untuk mengirim data dari lokasi satu ke lokasi yang lain, tentu saja anda masih menggunbakan jaringan komputer. Transmisi data ini dapat di lakukan dxengan hardware seperti cpy melalui hard disk, flash disk, tape dan lain lain, bisa juga kamu menggunakan software seperti bluetooth, kirim download dan lain-lain.

Manfaat Teknologi Informasi

1. Untuk Industri dan Perbankan

Teknologi informasi dapat membantu industri untuk membuat rancangan desain produk dan meningkatkan kualitas. Teknologi informasi juga bisa di gunakan untuk pekerjaan pabrik dan manufaktur lebih efisien dengan penggunaan mesin.

Selain itu, teknologi informasi dapat membantu industri untuk memasarkan produk dengan luas. Dalam dunia pernakan, teknologi informasi juga dapat meningkatkan keamanan transaksi dan keamanan data pelanggan. Teknologi informasi juga dapat memudahkan transaksiseperti adanya teknologi internet banking dan mobile banking.

2. Untuk Pendidikan

Teknologi informasi sangat bermanfaat untuk siswa, siswa dapat dengan mudah mengakses sumber belajar lain selain buku, dalam dunia pendidikan teknologi informasi sangat penting, istilahnya teknologi informasi merupakan jendela dunia selain buku.

3. Untuk Kedokteran

Teknologi informasi dapat bermanfaat  untuk dunia kedokteran. Dokter dapat dengan mudah mendiagnosa suatu penyakit dengan teknologi. Selain itu, dokter juga bisa berdiskusi dengan sesama dokter ataupun pasien mengenai suatu penyakit.

4. Untuk Pemerintah

Manfaat teknologi informasi di bidang pemerintahan. Teknologi informasi dapat menjadi sarana komunikasi antara masyarakat dengan pemerintah. Teknologi juga dapat membantu pemerintah untuk menyimpan data masyarakat yang berkaitan dengan kebijakan tertentu.

5. Untuk Hiburan

Tidak bisa kita pungkiri bahwa teknologi informasi sangat bermanfaat untuk hiburan, sebab teknologi informasi dapat menjadi sarana untuk manusia bertukar kabar hanya melalui layar. Teknologi informasi juga sangat bermanfaat untuk membuat desain animasi, grafis, periklanan serta audio visual yang menjadi sarana hiburan.

Hanya itu artiker yang dapat saya sampaikan mengenai Teknologi Informasi. Semoga penjelasan yang saya sampaikan di atas dapat membantu anda memahami bahwa teknologi informasi menggunakan seperangkat komputer untuk mengolah data dan fungsi lainya. Semoga bermanfaat!

Next Post